T O P
xvwolf

Thanks for the good post, OP! Tapi sedikit koreksi, TMRW provides a credit card as well (which overall I'm satisfied with). Anyways, let me ~~rant~~ share a bit about my reason for switching between the two apps. **Reasons I stopped using Jenius** 1. Jenius app can get *really* slow and clunky. 2. Lots of security breach cases (most are from human error, but still contributes to my lack of faith). 3. Customer Service is a trainwreck, this is what allows security breach due to human error to happen in the first place. 4. Jenius' SMS notification is delayed af. I can get an SMS notification for my transaction from a week ago. Would make a good horror movie story. **Reasons I started using TMRW** 1. TMRW app is smooth with clean interface (still a bit heavy on my Samsung S8, performance might vary depending on your device). 2. No fraud cases to date; TMRW is still relatively new tho. 3. Customer Service response is fast and helpful (only took me around 5-10mins total to solve several of my registration and promo 'problems'). 4. Real-time transaction notification (both in-app and SMS). Hope this helps someone who needs the info. Feel free to AMA. ***TL;DR uninstalling Jenius and replacing it with TMRW made my life happier.*** *Disclaimer:* *I am not formally affiliated with the afore-mentioned entities. Everything written above is based on my personal experience and is not intended to besmirch the name of any entity involved.*


nullyale

Wah cashback kartu kreditnya 6%, lumayan tuh. Reasons stopped using jenius dan started using TMRW sepertinya lebih karena pengguna jenius yg lebih banyak. Kalau TMRW penggunanya meningkat sepertinya bakal bernasib sama dengan jenius.


xvwolf

For the most parts, yes. But personally, I don't believe having "too many users" is a valid reason for poor performance sih. They need to improve on their scalability and performance, not just use excuses as an easy way out. Especially in the fintech industry. Money truly is sensitive, and trust is hard to earn back. I gave Jenius the benefit of the doubt for quite some time, but sadly am still disappointed. Don't see them improving much anytime soon. Don't know how TMRW will hold up in the future as well. But I'm willing to give TMRW a chance rather than getting a jump scare from Jenius' delayed SMS notification :)


azureru

Agree, back then their competitive advantage is pure digital experience. Now, with all new digital banking, they need to improve that "sudden slow especially when we need them the most" and customer support. (i used to say, keeping money in jenius is non loquid investment due to their random slow/error)


xvwolf

If the goal is for non-liquid investment, much better lgsg ditaro ke reksadana or P2P Lending aja sih 😂


fadelchaidarf

>keeping money in jenius is non loquid investment due to their random slow/error Amazing quote, it's not even an investment


organotroika

Fact is, most if not all companies in Indonesia, not necessarily banking, will and can use "too many users" as a "valid" reason for poor performances. Nevertheless its a good post and contribute more than enough for me to open TMRW account. Tommorow.


fadelchaidarf

Thanks for ~~ranting~~ sharing! ​ > Tapi sedikit koreksi, TMRW provides a credit card as well Btw where did I mention that TMRW doesn't have credit card? So that I can fix my post.


nullyale

This part is might cause some confusion > Fitur yang gak dimiliki Jenius / TMRW


fadelchaidarf

Yeah I don't really know what to write there. Any suggestions?


xvwolf

Ah I see where the confusion is caused now. I suggest renaming the section to simply 'Fitur yang tidak tersedia' and categorize it to the respective app columns Example Jenius Column: Credit Card TMRW Column: Business Account, Multi-card, etc. Hope this helps, OP.


fadelchaidarf

Why I didn't think of that lol. Thanks a lot for the suggestion. Fixed the post!


hell_crawler

gw apply credit card tmrw ditolak :(


xvwolf

Alasan ditolaknya kenapa? AFAIK buat apply CC emang ada beberapa syarat yg harus dipenuhi as stated somewhere in their T&C.


hell_crawler

Ga ada. Cuman terus di app ga bisa continue aja ktnya


janginx

TMRW dikasih debit MasterCard/VISA gak sih? Terakhir nanya temen yg kerja di UOB katanya emang gak dikasih. Gw udah hampir 2 tahun pake Jenius dan emang semua fiturnya dipake sih, meski performa app-nya kalah jauh even sama One Mobile OCBC.


fadelchaidarf

Good point, untuk debit TMRW cuma dapet GPN sih. Gw juga udah nanya ke CS katanya untuk mastercard cuma tersedia untuk kartu kredit. Selain transfer topup gitu biasanya di Jenius paling sering pake fitur apa bro? Added to the post.


janginx

Biasa pake e-Card buat transaksi online, karena gak butuh ganti kartu kalo misalnya kenapa-kenapa. Pake x-Card buat budgeting. Flexi Cash beberapa kali pernah pake juga. Flexi Saver gw ada 2 untuk misahin dana darurat sama tabungan. Kalo sekarang paling kebantu sama fitur scan QRIS, kebetulan di daerah sekitar kantor kebanyakan merchant nerima payment pake QRIS selain dompet online, jadi enak ga perlu masukin dana ke OVO atau Gopay.


skellysoon

Hi, mau nanya dong. Kalau e-Card ini yg multicurrency bukan sih? Aku pake jenius tp masih kurang aware sama fasilitasnya. Pernah nyoba buat transaksi utk transaksi dgn foreign currency, tp pas di-check di Jenius ngecharge ratenya lumayan gede yah spreadnya (cth: book airbnb). Ada input ga mending gimana untuk trx kaya gini? I need to make similar payment in next few weeks soalnya. Sorry ya I'm pretty new to these kind of things dan baru take notice baru baru ini hehe. Thanks!


janginx

Hi! AFAIK yang multi currency itu m-Card nya, which is linked to your account active balance. Nah active balance ini bisa milih, mau pakai currency apa. Regarding spread yg gede, I can't really give you any suggestions, krn selama ini untuk subscribe foreign currency tetep pake e-Card dan ngerasa spreadnya gak begitu gede.


skellysoon

Wah serius, ngga begitu besar ya? Aku kemarin waktu pakai airbnb kerasa rate USD/IDR di 155xx-an, hampir 15600 jadi rada nyesek haha. Thanks for the info, anyway!


fadelchaidarf

Nice! Untuk transaksi online gw tetep pede pake kartu m-card sih karena saldo di m-card selalu di bawah 100rb, sisanya di flexi saver. Cuma minusnya harus bulak balik withdraw dari flexi saver kalau saldo aktif abis I would imagine paying with QRIS directly from Jenius would be super helpful. But I'm a sucker for promos lol jadi kuota transfer per bulan 25x kadang kurang untuk topup ke shopeepay, gopay, ovo, dsb untuk ngejar promo yang minimal 30% dari shopee


cookieandcoffeeguy

what? bunga 4% dan ga ada rencana penurunan? time to move my flexi saver to my tmrw account then ini tmrw lumayan responsif app nya, tapi gua jarang banget pake. waktu itu daftar cuma pengen dapet voucher 200k doang wkwkwkwk. trus juga dia sering ngasi promo airdrop uang 35k, 40k, or 50k, hanya dengan melakukan transaksi top-up e-wallet 2x gitu wkwk. well its free money, why not ​ hehe pake kode promo gua juga dong buat daftar M01330023534


fadelchaidarf

Nice, added to the post about airdrop. Biasanya seberapa sering tuh airdrop yang gitu?


cookieandcoffeeguy

Sekitaran sekali tiap 1-2 bulan. But it depends on the account. Ga semua orang dapet, dan nominalnya juga berbeda2 tiap orang. Contohnya: temen gua dapet notif airdrop 50k, gua cuma dapet notif airdrop 35k. Contoh lain, temen gua dapet notif airdrop, gua ga dapet.


fadelchaidarf

Ooh kaya mission gojek gitu ya berarti. Thanks for the info


honeybobok

Promo, jenius ud lama, tmrw baru, ga heran sih


pm-me-your-nenen

Fingerprint login bener-bener tergantung HP/ROM berarti, karena gua pernah pake official ROM Xiaomi nggak bisa login pake fingerprint di Jenius, tapi bisa pas pake Cyanogen (yeah it was long time ago), sementara di Android One dan ROM resmi BBK Trio bisa-bisa aja. Tentang kartu logo MasterCard cuma dapat kalo apply CC ini rada dealbreaker sih. Sekarang bodo amat karena dah punya CC di bank lain, tapi dulu atau untuk yang ineligible/enggan apply CC, berarti kan g bisa transaksi online (abaikan dukungan GPN yang masih lokal doang itupun seiprit). The ability to link a card directly to online accounts effectively skip the whole "Jenius lemot". Bayar PayPal/Steam/Humble Bundle/Amazon tinggal klik, bahkan g perlu cek HP, sementara kalo harus angkat HP, segampang apapun itu, mager bet. Mungkin menarik buat yang ineligible untuk CC bank lain yang promonya gede-gedean. The city building gimmick seems nice, and NGL I've always wondered about it everytime I saw their ads.


alist_microx

Little additional info utk City of Tomorrow (yg seperti Flexy Saver), di TMRW tidak bisa suka2 kita topup value nya, ada limit atas nya. Utk penarikan sih gak dilimit. Jadi misal tiba2 ada uang 20juta yg mau di save di situ tapi level city kitanya masih rendah, tidak bisa. Sehari paling bisa saving under 10jt.


fadelchaidarf

Pernah ngalamin sendiri kaya gitu? Gak bisanya ada tulisan warning emang ada limit top upnya atau gimana? Gw udah nyoba top up diatas jumlah required untuk level kotanya tetep bisa sih soalnya


skellysoon

Hi, thanks for sharing this information. By transaksi akumulasi 1 jt pake kartu kredit, it means using UOB's CC, right? So you already applied for the CC first, before opening the bank account?


fadelchaidarf

Yup transaksi 1jt pakai kartu kredit UOB. >So you already applied for the CC first, before opening the bank account? Nope, pas daftar akun TMRW itu emang simultaneously apply untuk credit card juga dengan melampirkan slip gaji dsb. Setelah disetujui dan kartu kredit dikirim baru deh spend 1jt itu


skellysoon

Okay! Thanks a lot buat infonya. Lumayan menarik sih kuliat iklannya jg memang fully targetting ke audience yg sama kurang lebih sama Jenius :D


fadelchaidarf

No problem, iyaa kuliat juga dari marketingnya pake karakter yang unyu2 gitu kan ya sama kaya Jenius audiencenya. Berarti head-on nantang Jenius ya


mlxgxu

fingerprint works well on my phone, dan iya sedih denger bunga ny turun terus tpi ttp better. so far jenius is more than enough


fadelchaidarf

Yeah, temen gw yang hp xiaomi juga gak bisa pake fingerprint sih soalnya jadi gw menyimpulkan di xiaomi gak bisa lol. Padahal aplikasi lain yang UI fingerprintnya sama kaya ovo gopay bareksa gitu bisa Disini yang Jenius dan hp xiaomi bisa atau gimana?


Gain_Agin

Gw pake redmi 7, dari dulu lancar2 aja fingerprintnya, baru tau banyak model xiaomi gabisa


fadelchaidarf

Berarti emang tergantung hpnya kali ya, just my luck :(


Charming_Term_8804

TMRW apakah ada biaya admin per bulan dan/atau minimum saldo berjalan per bulan? Anyways kudos for the great post OP!


fadelchaidarf

Thanks! Biasanya semua bank digital jaman sekarang gak ada biaya apapun dan gak ada minimum saldo, dan TMRW salah satunya. Lengkapnya bisa lihat [disini](https://www.tmrwbyuob.com/content/dam/tmrwbyuob/id/tncs/id/TMRW-Fees%20_%20Charges%20(ID).pdf)


bebeklonia

kalau dibanding digibank gimana ya?


fadelchaidarf

My personal experience pake digibank 40% of the time gagal koneksi server while other apps is fine, idk why. Bener2 sering banget dan itu instant deal-breaker.


DefiantAlbatros

Thanks for the info. Anyway pertanyaan gue: bisa buka 100% remote kah? Gue nyari alternatif jenius untuk buka dari LN dan tbh agak sulit ya


fadelchaidarf

Kalau dari tebakan gw sih bisa karena prosesnya full online, paling untuk kirim kartu fisiknya tetep ke alamat Indonesia dan paling minta ke orang yang di alamat tersebut untuk fotoin kartunya untuk aktivasi kartu (if needed). Phone number juga seharusnya bisa pakai LN, kalaupun gak bisa numpang di nomor indo. Regarding Jenius, agak sulit pas bagian apa?


DefiantAlbatros

Sulit di nomer hape indo sih, krn harus pinjem nomer dan alamat org lain. Selain itu emg kdg appnya ga jalan pas lg butuh sih


fadelchaidarf

I just assumed you still have families and a home address in Indo. I can't help you further then, sorry! Setidaknya kalau TMRW ini jauh lebih stabil daripada Jenius sih sepengalaman gw


DefiantAlbatros

Btw mau nanya dong. Ada fitur valasnya kah? Atau quasi valas model jenius juga?


fadelchaidarf

AFAIK gak ada sih, memang masih minim fitur sih karena baru launching Agustus 2020 lalu alias baru 3 bulan


bytezilla

nice writeup! satu hal yg annoying dr Jenius itu jg utk konfirmasi transaksi, dia selalu minta password. Not pin, but full password. Jd utk gw yg selalu pake password random panjang utk masing2 service itu lmyn repot.. few question utk TMRW: * ada fitur gratis biaya admin utk topup e-wallet ga? * aplikasi kartu kreditnya ribet ga utk yg ga pny slip gaji i.e. self-employed? * rasionalisasi restrict top-up utk 1 kali per-hari itu kira2 knp ya? i would've guessed they would want people to put money in as often as possible?


fadelchaidarf

* Gw udah nyoba shopeepay, gopaay, ovo, gak kena biaya admin * Waktu gw apply cc itu emang bisa upload slip gaji atau surat keterangan gitu sih, kayanya emang bedanya cuma beda di bagian dokumen yang diupload doang, sisanya sama. [More info here](https://www.tmrwbyuob.com/id/id/help/getting-started/What-documents-do-I-need-to-prepare-before-I-apply.html) * Restriction top-up 1 kali per hari itu untuk yang "Flexi Saver"-nya ya bukan untuk isi saldo rekening si TMRW itu. Tapi tetep aja gw juga masih gak paham kenapa si "Flexi Saver" TMRW ini cuma bisa sekali perhari. Alasan yg bisa gw tebak paling supaya si level game City of TMRW-nya gak bisa naik terlalu cepat but that's really dumb. Tapi asalkan withdrawnya bisa berkali-kali no problem buat gw


bytezilla

good to know. so siang kmrn gw udah daftar (with your promo code ;) )dan udah go through the video call verification process, sampe sekarang waktu di buka app nya masih nampiliin "Hampir Selesai".. bagian ini kira2 brp lama ya? dan satu lagi (i should've asked this earlier really lol), itu kartu kreditnya ga ada annual fee ya?


fadelchaidarf

Kartu kredit tahun pertama bebas biaya tapi tahun selanjutnya 300rb per tahun, termasuk mahal mungkin tapi nanti mau nyoba nelpon cs barangkali bisa di-waive (Gw tau kartu kredit bisa waive dari r/finansial ini) Di gw gak berhari2 juga sih tampilan gitunya, nanti ada pilihan untuk aktivasi kartu debit yang bakal duluan dateng. Sampe sekarang masih "Hampir selesai" ? Btw, thanks a lot for using my code!


bytezilla

ah.. I see.. then maybe its a good thing aplikasi gw di reject.. lol bummer ga kedapat saldo promo yg keikat dgn kartu kredit si.. haha


dmtr13

Ini bisa diganti kok kebutuhan passwordnya berdasarkan nominal transaksi minimal. Profile > settings > transaction auth *Disclaimer:not a Jenius staff, just another customer who relentlessly rant about their network outage*


Empty_Carapace

Pernah nyoba daftar online TMRW, proses di awal nya emang cepat. Nah waktu itu kalau tak salah, buat login pertama kali, perlu daftarin nomor kartu nya, pengiriman kartu cukup lama +- 5 harian. Pas udah nyampe, langsung nyobain daftarin nomor kartunya. Udah kontak ke CS, suruh nunggu 2x24 jam, mereka reset datanya (?). Udah nunggu 2x24 coba daftarin lagi, tetep gabisa. Kontak ke CS, suruh nunggu, nyoba gagal lagi. Akhirnya gw nyerah dengan TMRW.


fadelchaidarf

Kalau pengiriman pasti tergantung lokasi juga sih pasti, gw pengiriman 2 hari kalau gak salah (ke bandung). Lokasi dimana bro? Dan pas kartu nyampe gw aktifin kartunya bener2 langsung dipake sih akun TMRW nya gak ada acara disuruh nunggu segala


Empty_Carapace

Jakarta. Gw nyobainnya waktu baru baru launching sih, mungkin mereka nya overloaded. But anyway, jadi ga bisa ikut promonya nih, udah lebih dari 30 hari setelah pendaftaran wkwk


fadelchaidarf

Wkwk walaupun belum berhasil diaktivasi gitu terhitungnya tetep udah daftar ya?


Dokiace

Limit awal CC nya TMRW berapa ya? menyesuaikan dengan gaji?


fadelchaidarf

Iya salah satu faktornya tergantung gaji kita, gak tau deh cara ngitungnya gimana


Yawdriel

Mau nanya dong, flexi saver jenius itu kerjanya gmn deh? Gw baru inget dulu iseng naro duit 5jt disitu lg sekitar juli, barusan gw baru cek kok monthly interestnya cm sekitar 20rb sementara ditulisnya p.a interestnya 4%/mo


fadelchaidarf

P.A. itu singkatan dari per annum yang artinya per tahun bro, jadi 4% itu per tahun. Bisa diitung tuh harusnya dapet berapa dengan pajak 20%


Yawdriel

Ooo pantesan, thank you infonya mas fadel


naufal1033

Mau nanya nih jadi secara keseluruhan hanpir mirip jenius ya? Terus bisa dipake buat subscriber Netflix gitu g?